Tuesday, November 25, 2008

Belajar dari Si Kecil

1 Comments
Anak memiliki banyak sikap positif yang bisa Anda tiru agar hidup menjadi lebih mudah dan bahagia.

Kehadiran anak membuat hidup kita menjadi lebih berarti. Menyayangi, merawat dan mendidik anak membuat kita merasa lebih berbahagia. Tapi, tahukah Anda bahwa anak-anak bisa mengajari kita berbagai cara unik untuk menghargai hidup? Coba perhatikan betapa gigih usaha anak berusaha mengendarai sepeda roda duanya, atau bagaimana imajinasi si kecil membuatnya mampu menyusun balok menjadi istana raja yang megah. Jika Anda memperhatikan dengan baik, anak-anak bisa membantu Anda meraih kesuksesan dalam hidup. Tidak percaya? Coba baca berbagai karakter positif anak di bawah ini.

Tekun. Kebanyakan anak kecil begitu gigih dan tekun dalam melakukan hal yang mereka sukai. Anak tidak terlalu memahami definisi kegagalan dan tidak takut untuk mencoba melakukan hal yang mereka inginkan. Hasilnya? Kesuksesan. “Untuk belajar merangkak, bayi kecil akan berlatih ratusan kali sehari, dan gagal dengan jumlah yang sama banyaknya. Bayi akan terus berusaha, lalu gagal, dan mengulanginya lagi berkali-kali sampai akhirnya berhasil, Bagaimana dengan orang dewasa? Kita perlu percaya dengan kemampuan diri sendiri agar bisa berhasil. Untuk bisa melakukannya, yang dibutuhkan adalah ketekunan, fokus yang kuat, dan hasrat untuk mengejar apa yang kita inginkan sampai bisa mendapatkannya. Sama seperti keberhasilan si kecil merangkak, merambat dan akhirnya mampu berjalan dengan kedua kakinya tanpa dibantu. Semua berkat ketekunan.

Tak kenal takut. Anda mungkin sering merasa khawatir melihat batita cilik begitu aktif berlarian kesana sini, memanjat dan bergelantungan di palang titian tanpa merasa takut jika terjatuh. Anak-anak tidak melihat tantangan yang ada di hadapan mereka sebagai sesuatu yang mengerikan atau ditakuti, dan kita pun sebaiknya tidak menganggapnya demikian. Adriana Ginandjar, psikolog keluarga, mengatakan bahwa kita justru harus menerima dan merengkuh tantang serta rintang sebagai kesempatan untuk melompat ke jenjang kehidupan yang lebih baik.

Selalu ingin tahu. Anak-anak bersenang-senang dengan rasa ingin tahu mereka. Dengan bertanya, anak bereksplorasi, bereksperimen, dan belajar. Jadi lain kali apabila Anda menghadapi pertanyaan atau rintangan yang sulit, lakukan tiga langkah ini: eksplorasi, eksperimen, dan belajar.

Determinasi kuat. Pernah mencoba mengambil mainan yang sedang dipegang batita? Apa yang biasanya dilakukan anak? “Dia akan mencoba berbagai cara untuk meminta kembali mainan itu dari Anda, entah dengan menangis, merayu, merajuk, atau marah,” tak ada salahnya jika Anda meniru keinginan kuat yang dimiliki anak untuk mencoba mendapatkan apa yang dia inginkan. Bagi orang dewasa, usaha dan proses yang dilakukan untuk mendapatkan apa yang kita inginkan adalah pengalaman yang berguna. Dan determinasi akan membuat usaha Anda menjadi lebih berarti.

Pekerja keras. Anak-anak adalah pekerja keras sejati. Butuh bukti? Saya sering sekali melihat kelakuan putraku yang asyik menyusun balok pasang. Meski berkali-kali balok itu jatuh sehingga bangunan yang dia susun hancur, putraku akan kembali memasangnya dari awal.Dengan mencontoh tidakan anak, kita akan menyadari bahwa kerja keras akan membuat pencapaian kita terasa begitu indah. Jadi jangan terus menerus mengeluhkan kerja keras yang Anda alami. Rayakan keberhasilan yang datang dari usaha keras Anda.

Tulus hati. Siapa yang paling bisa mencintai Anda sepenuh hati? Hanya si kecil yang bisa melakukannya dengan tulus. Anak menerima Anda apa adanya, bahkan mengidolakan Anda, serta tetap mencintai Anda meski misalnya, Anda orang paling keras kepala sedunia. Coba lihat sekeliling Anda dan mulai hargai orang lain apa adanya. Cari nilai positif dari orang-orang disekitar Anda dan bantu mereka untuk maju.




sumber : http:// www.sahabatnestle.co.id

Read more...

Tuesday, November 18, 2008

IKHWAN SEJATI

3 Comments
Seorang remaja bertanya kepada ibunya. Ibu ceritakan tentang ikhwan sejati
Sang ibu tersenyum dan menjawab:

"Ihkwan sejati ....."
Bukanlah dilihat dari bahunya yang kekar
Tapi dari kasih sayang pada orang disekitarnya
"Ikhwan sejati...."
Bukanlah dilihat dari suaranya yang lantang
Tapi dari kelembutannya mengatakan kebenaran
"Ikhwan sejati...."
Bukanlah dilihat dari jumlah sahabat disekitarnya
Tapi dari sikap bersahabattnya terhadap generasi muda
"Ikhwan sejati...."
Bukanlah dilihat dari kerasnya pukulan
Tetapi dari sikapnya yang bijak memahami persoalan
"Ikhwan sejati...."
Bukanlah dilihat dari dadanya yang bidang
Tetapi dilihat dari hati yang ada dibalik itu
"Ikhwan sejati...."
Bukanlah dilihat dari banyaknya akhwat yang memuja
Tetapi dari komitmennya terhadap akhwat yang dicintainya
"Ikhwan sejati...."
Bukanlah dilihat dari barbel yang dibebankan
Tetapi dari tabahnya dia menjalani lika-liku kehidupan
"Ikhwan sejati...."
Bukanlah dilihat dari kerasnya ia membaca Al-qur`an
Tetapi dari konsistensinya menjalankan apa yang ia baca

Setelah itu dia kembali bertanya
"Siapakah yang dapat memenuhi kriteria seperti itu, Bu?"
Sang Ibu memberinya buku dan berkata:
"Pelajari tentang Dia"!
Iapun mengambil buku itu
"MUHAMMAD" Judul buku itu


by: Anonim
Read more...

Friday, November 14, 2008

BOGOR OOHH BOGOR......

2 Comments
Bogor adalah kota kedua tempat tinggalku setelah Bandung sejak Agustus 2007 lalu. Di kota inilah aku mendapat amanah dari Institusi tempat ku bekerja melalui beasiswa dari DIKTI untuk melanjutkan studi di IPB. Banyak banget suka duka yang kualami selama aku tinggal di kota ini. Aku banyak kenal n dapet sobat baru, temen seprofesi dan seperjuangan, relasi baru, yang berasal dari latar belakang daerah berbeda, ilmu pengetahuan dan pengalaman baru.

Beberapa hal yang menjadi kendalaku tinggal di Bogor ini diantaranya kemacetan khususnya di daerah Dramaga yang sampai saat ini menurutku belum aja ada solusinya, kemacetan ini disebabkan karena terlalu banyaknya jumlah angkutan umum, sampai-sampai Bogor dijuluki sebagai kota sejuta angkot, ditambah 2 terminal angkutan umum (1 milik Kotamadya dan 1 milik Kabupaten) yang tidak jelas fungsinya karena letak kedua terminal tersebut yang berdekatan banget.

Selain itu masalah listrik yang gak kenal kompromi (sering mati), terkadang tak ada petir atopun hujan listrik di daerahku (Dramaga) sering mati, apalagi lagi musim hujan seperti sekarang ini, setiap hari pasti mati listrik bisa 2 sampai 5 kali dengan waktu yang lumayan lama ditambah kalo dapet "giliran mati listrik", kasihan banget yaaah??? :( Sampai-sampai petugas PLN bosen kali menerima keluhan-keluhanku lewat sms. Aku jadi harus bisa pinter-pinter bagi waktu untuk menghemat listrik.

Ya Allah mudah-mudahan amanah ini dapat kujalani sebaik mungkin meskipun banyak kendala yang kuhadapi. Dan tahun depan aku dah bisa balik lagi ke Bandung n jatinangor untuk kembali mengajar. Amin
Read more...

Wednesday, November 12, 2008

Memperkuat Keimanan Anak

1 Comments
Anak adalah dambaan orang tua dan merupakan amanah yang telah dititipkan oleh Allah kepada orang tua. Menjadi pendidik dan pembimbing bagi anak adalah tugas dan tanggung jawab orang tua, khususnya ibu. Harapan orang tua untuk menjadikan anaknya sebagai generasi shalih, yang berguna bagi orang tua, masyarakat dan agamanya akan dapat terwujud dengan membekali dan memperkuat keimanan sang anak yaitu dengan cara :

1. Membuat hati anak selalu berhubungan dengan Allah, yaitu dengan menanamkan prinsip-prinsip tauhid dalam hati anak diantaranya yaitu iman, cinta Allah dan Rasul-Nya, taat kepada keduanya, serta takut kepada siksaan Allah dan mengharap pahala dari-Nya.
2. Berusahalah agar kita (orang tua) merasa selalu berada di bawah pengawasan Allah kapan dan dimanapun kita berada. Perasaan inilah yang dinamakan oleh para pakar pendidikan dengan istilah "kontrol agama"
3. Berusahalah agar pengarahan-pengarahan yang ditujukan kepada anak didasarkan kepada Kitabullah dan Sunnah Rasul-Nya.
4. Tanamkanlah rasa hormat kepada Al-Qur'an Al-Karim dalam hati anak. Hal itu harus dilakukakn dengan menggunakan gaya bahasa yang mudah dimengerti anak dan menarik. Misalnya membiasakan diri untuk berpegang teguh pada etika dalam membaca Al-Qur'an deperti membaca Ta'awwudz, basmalah, memuliakan mush-haf Al-Qur'an.
5. Berusahalah agar suasana rumah anda menjadi harum dengan lantunan ayat-ayat Allah yang selalu dibacakan di dalamnya, meskipun hanya beberapa saat saja di waktu siang, pada waktu pagi dan sebelum tidur.
6. Ajarilah anak-anak dengan dzikir-dzikir dan etika-etika nabi.
7. Berusahalah agar anak selalu berhubungan dengan guru agama.
Read more...

Saturday, November 8, 2008

PR - ku

1 Comments
Sebelumnya maaf buat witha coz baru sempet ngerjain PR nya neh, maklum keasyikan maen n jalan2 mulu sama anakku. Ini 10 fakta kebiasaan ku:
1. Selalu pamitan sun tangan n minta doa`a sama suami n anakku kalo mau pergi ngajar, kuliah or pergi kemanapun keluar rumah.
2. Setiap hari kalo di Bogor pergi n pulang kuliah selalu diantar jemput sama suami coz, aku rada trauma karena waktu naik angkot sendirian di Bogor pernah 2 kali aku dikelilingi oleh para pencopet yang pura2 jadi penumpang, untung keburu tersadar n loncat turun dari angkot yang masih jalan.
3. Suka banget sama yang namanya baso n gorengan. Kalo gak nemu 1 seminggu aja, rasanya ada yang kurang gituh.
4. Selalu berusaha menjadi pendengar yg baik bagi temen2 ku yg punya masalah or pengen curhat.
5. Mudah menangis baik di waktu sedih, senang maupun terharu.
6. Suka eksplorasi cari macem-macem serangga buat koleksi terutama yang berhubungan dengan pertanian
7. Sebisa mungkin untuk nyempetin refreshing jalan-jalan waktu weekend bareng anak n suami.
8. Mudah pesimis tapi cepet juga optimis lagi begitu dikasih support
9. Suka banget buah durian, melon n jeruk (yang manis). Kalo ada diskon durian monthong di Supermarket pasti dikejar hehehe
10. Seneng sama kecap coz ketularan suami yang kalo makan harus selalu pakai kecap. Jadi nular juga sama anakku sekarang neh hehehe .....
Nah Alhamdulillah akhirnya selesai juga PR ku . Makasih buat witha yang udah ngasih PR buatku.
Read more...

Friday, November 7, 2008

Ya Rabb....

1 Comments
Ya Rabb....
Bicaralah padaku bila aku kesepian
Bisikanlah dukunganmu bila aku dirundung kecemasan
Dengarkanlah suaraku bila aku jatuh
Sudilah menjadi penghiburku di dalam perjalanan
Tempatku bernaung di waktu suka
Tempatku berteduh di kala duka
Tongkat penuntunku dalam kelelahan
Dan penolong dalam bahaya
Semoga aku berhasil mencapai tujuanku
Sekarang dan juga nanti
Read more...

Thursday, November 6, 2008

Gelar Buah Unggulan

0 Comments
Tanggal 3-5 November 2008 kemarin ada acara pameran mengenai Promosi Pengembangan Buah-buahan Tropis & Sub Tropis Indonesia 2008 di Botani Square, Bogor. Kebetulan aku diundang hadir oleh temanku Warastin yang bekerja di Dirjen Hortikultura Deptan untuk melihat pameran tersebut. Pameran ini menyuguhkan berbagai macam buah-buahan unggulan dan produk olahannya, dari hampir seluruh Provinsi di Indonesia. Acaranya bagus banget, banyak praktisi, peneliti, mahasiswa, dan masyarakat umum yang hadir. Dari acara ini Indonesia mempunyai potensi besar untuk mengembangkan usaha agribisnis dengan dukungan ketersediaan benih dan bibit bermutu varietas unggul.


Salah satu buah yang menarik perhatianku dan sempat kucicipi di pameran tersebut diantaranya buah pepaya mini (Carica papaya). Buah ini merupakan komoditas unggulan dari Kalimantan. Ukuran buah ini kecil dan penampilannya cantik, tidak seperti pepaya biasa yang banyak kita jumpai di pasar tradisional. Berat buah sekitar 300 gram dengan panjang rata-rata 12,5 cm, mungil kan??? Daging buahnya tebal dengan lubang kecil di tengah dan biji yang sedikit serta aromanya segar banget. Kulitnya berwarna kuning kemerahan n rasanya mmmm sangat manis. Gak nyesel deh nyicipin nya.. :)


Read more...

Wednesday, November 5, 2008

JANGAN SAMPAI TERJADI

3 Comments
Begini neh ungkapan yang sering kita dengar pada saat pasangan baru saja menikah, ...
Pria : Akhirnya aku sudah menunggu saat ini tiba sejak lama
Wanita : Apakah kau rela kalau aku pergi ?
Pria : Tentu tidak!! Jangan pernah kaun berpikiran seperti itu
Wanita : Apakah kau mencintaiku??
Pria : Tentu!! Selamanya akan tetap begitu
Wanita : Apakah kau pernah selingkuh??
Pria : Tidak!! Aku tak akan pernah melakukan hal buruk itu
Wanita : Maukah kau menciumku??
Pria : Ya
Wanita : Sayangku ... ...

Namun setelah 5 tahun menikah, begini neh biasanya pasangan akan berkomunikasi. Silahkan BACA DARI BAWAH KE ATAS!!!Hehehe.... TIDAK BOLEH TERJADI YAHH!!!
Read more...

Sunday, November 2, 2008

DURIAN PARUNG, BOGOR

4 Comments
durian parung bogorNah buah yang satu ini merupakan buah favorit di keluargaku, anakku yang berumur 2 tahun aja suka. Emang seh gak semua orang suka buah durian, karena baunya yang menyengat, hingga banyak juga orang yang mual mencium aromanya, tapi menurutku seh wangi-wangi aja.

Banyak sekali jenis buah durian yang sering dikonsumsi masyarakat Indonesia, mulai dari yang lokal sampai yang import (contoh: durian monthong). Jika dibandingkan dengan durian lokal daging buah durian monthong memang jauh lebih tebal namun harganya lebih mahal. Tapi dari segi rasa durian lokal juga manis loh. Untuk kamu-kamu yang tinggal di jabodetabek dan ingin makan durian dengan harga relatif lebih murah dan rasa yang tidak kalah dari durian monthong, kamu dapat menemuinya di sepanjang jalan Parung, Bogor. Dengan merogoh kocek Rp 20.000 rupiah kamu sudah dapat menikmati 1 buah durian lokal berukuran sedang. Selain itu kamu juga bisa menikmati langsung ditempat atau membawanya pulang sebagai buah tangan.

Read more...

Masjid Dian Al Mahri - Masjid Kubah Emas Depok

0 Comments

Niat awalnya seh pergi ke daerah Parung, Bogor mau cari telur ulat penggulung daun pisang untuk rearing di Laboratorium . Tapi karena yang didapet Cuma sedikit, n mumpung matahari belum terlalu tinggi, sekalian aku & suamiku melanjutkan berkunjung ke Masjid Kubah Emas di daerah Sawangan, Depok. Qita berangkat naik motor, perjalanan dari Bogor ke Depok memakan waktu kurang lebih ¾ jam.


masjid kubah emas depok

Ini kali kedua aku berkunjung ke mesjid kubah emas, yang pertama kali waktu awal tahun 2007 mengikuti rombongan teman kantor dari Bandung. Masjid ini didirikan oleh Ibu Hj. Dian Juriah Maimun Al Rasyid yang pada awalnya mempunyai impian tentang sebuah masjid megah dan indah yang dapat menjadi simbol keagungan islam. Dengan kemegahan dapat menghantarkan perasaan, menggerakan jiwa, menggenapkan niat untuk terus meningkatkan keimanan dan ketaqwaan. Dan dengan keindahannya dapat mengingatkan kita akan kebesaran Sang Pencipta sehingga kita akan terus bermunajah kepada-Nya.


masjid kubah emas sawangan
Foto (ki-ka): samping kanan, pintu masuk utama, halaman dalam

Kawasan Masjid Kubah Emas Dian Al Mahri ini dalam perkembangannya telah menjelma sebagai salah satu tujuan wisata religi umat islam. Kawasan ini setiap akhir pekan dan hari libur dikunjungi tak kurang 50.000 jama`ah.

Halaman dalam / selasar masjid

Areal selasar masjid berukuran 45 x 57 m, dan mampu menampung 8000 jamah. Salah satu sisinya berhubungan dengan ruang sholat, sedangkan ketiga sisi lainnya dibatasi selasar dengan pilar-pilar berbalut batu granit dari Brasil. Pilar-pilat tersebut membentuk deretan arcade yang seolah menjadi pembatas dari halaman dalam ini.

Minaret / Menara

Masjid ini terdiri dari enam minaret berbentuk segienam, masing-masing terdiri dari 6 tingkat yang melambangkan rukun iman. Keenamnya dibalut dengan batu granit yang berwarna abu-abu dengan ornamen yang melingkar pada setiap tingkatannya. Pada puncak minaret terdapat kubah berlapis mozaik emas. Dari minaret ini terdengar kumandang Adzan.

Dasar Kubah

Terdapat cincin dengan aksen warna emas. Dibawahnya terdapat 33 jemdela, yang masing-masing dihiasi kaligrafi 3 asma Allah SWT, sehingga Asmaul Husna pun terpampang di tiap jendela.

Kubah

Terdiri dari 5 kubah (1 kubah besar dan 4 kubah kecil) yang menyimbolkan 5 rukun islam. Satu kubah besar bentuknya menyerupai kubah di Taj Mahal dengan diamter bawah berukuran 16 meter, diameter tengah 20 meter dan tunggi 25 meter. Sementara 4 kubah kecil memiliki diamter bawah 6 meter, tengah 7 meter, dan tinggi 8 meter. Sebuah lampu kristal tergantung dibawah kubah besar dengan rangka terbuat dari kuningan berlapis emas 24 karat. Lampu tersebut serupa dengan lampu di Masjid Sultan Oman. Dibelakang lampu indah tersebut, langit-langit kubah berganti warna ditiap waktu sholat.


masjid kubah emas
Foto (ki-ka): Mimbar Masjid, Bagian Bawah Kubah Besar

Yuuk qita makmurkan masjid. .Dengan melihat kemegahan masjid dapat menghantarkan perasaan, menggerakan jiwa, menggenapkan niat untuk terus meningkatkan keimanan dan ketaqwaan. Dan dengan keindahannya dapat mengingatkan kita akan kebesaran Sang Pencipta sehingga kita akan terus bermunajah kepada-Nya.


Read more...
 

Lindung's Blog