Thursday, October 7, 2010

Jus Buah Kemasan Haram?


Jus Anggur, Grape JuiceMengkonsumsi sumber vitamin C sangat penting bagi tubuh. Dan jus kemasan sering menjadi salah satu alternatif pilihan. Namun Anda harus tetap waspada, sebab ada kemungkinan jus kemasan dapat berubah statusnya menjadi tak halal. Kok bisa?

Cuaca yang sering berubah-ubah saat ini membuat kita harus waspada akan menurunnya kesehatan. Salah satunya cara mencegahnya adalah dengan mengkonsumsi gizi seimbang termasuk vitamin dan serat dalam jumlah yang cukup. Salah satu vitamin yang cukup penting adalah vitamin C yang banyak berasal dari buah-buahan dan sayur-mayur.

Untuk sumber vitamin C, buah-buah dalam bentuk utuh tampaknya memang jadi pilihan terbaik. Sebab buah-buahan tersebut bisa memenuhi kebutuhan vitamin C dan serat sekaligus. Namun ada pula yang lebih memilih dalam bentuk buah yang di jus. Dimana jus kemasan atau jus kaleng tersebut banyak sekali dijual di warung, toko, hingga supermarket.

Tidak ada salahnya memang jika kita memilih jus kemasan sebagai sumber vitamin C. Namun tetap harus waspada, karena walaupun nabati ada kemungkinan di dalam prosesnya tercemar dengan yang tidak halal.

Dalam pembuatan jus dalam kemasan memang penampilan menjadi sangat penting. Sehingga selain buah atau sayur sebagai bahan baku, terkadang ada kemungkinan ditambahkan bahan-bahan lain. Itulah sebabnya jika anda membeli jus apel dalam kemasan terlihat transparan.

Nah, supaya jus tersebut terlihat jernih maka pabrik biasanya menggunakan bahan lain sebagai penolong. Bahan yang dimaksud adalah enzim pektinase. Yang membuat keruh suatu zat disebut pektin dan agar pektinnya hilang, enzim pektinase ditambahkan ke dalam jus.

Permasalahnya adalah jika sudah menggunakan enzim harus dipastikan asal dan cara pengolahannya. Dimana dalam dunia industri enzim pektinase diperoleh dengan menggunakan proses fermentasi. Menurut standard MUI, jika menggunakan proses fermentasi maka harus dipastikan media yang digunakan harus terbebas dari bahan haram dan najis.

Selain itu, pabrik juga menggunakan gelatin sebagai penyerap kotoran atau ampas yang menjadi penyebab keruh jus. Sedangkan gelatin di sini berfungsi sebagai clarifier alias Penjernih. Seperti yang kita ketahui gelatin biasanya diolah dari tulang atau kulit hewan. Kalau sudah berkaitan dengan hewan, kita harus memastikan berasal dari hewan halal dan disembelih secara Islami atau tidak.

Selain itu, untuk jus tertentu sering ditambahkan vitamin C secara terpisah dan flavor. Kedua bahan ini juga ini berpotensi juga bersumber dari bahan yang tidak halal. Oleh karena itu hendaklah lebih berhati-hati memilih jus dan agar nyaman dan aman mengkonsumsinya biasakan memilih yang telah memiliki logo halal MUI.

(Sumber: LPPOM MUI) melalui detikFood.

Related Posts by Categories



Widget by Simran

0 Comments on "Jus Buah Kemasan Haram?"

Add your comment. Please don't spam!
:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

 

Lindung's Blog