Wednesday, January 14, 2009

AGAR ANAK MANDIRI


Setiap orang tua menginginkan buah hatinya memiliki sifat mandiri dan tidak tergantung pada orang lain. Salah satu peran orang tua yang penting adalah menanamkan sikap mandiri pada anak yaitu dengan membentuk kebiasaan-kebiasaan yang baik. Kemandirian berkaitan erat dengan sikap disiplin. Kemandirian sudah dapat ditanamkan sejak bayi, misalnya dengan membentuk kebiasaan tidur si kecil pada waktunya. Menurut dra. Rahmitha Prathama (Psikolog anak), setiap tahap perkembangan anak selalu ada tugas perkembangan yang harus dipenuhi. Jika anak mampu menyelesaikan tugas perkembangannya, berarti anak bisa menjalankan dan mengembangkan kemampuannya sesuai dengan tuntutan usianya.
Ketika si kecil mampu untuk memegang botol susunya sendiri, berikan kesempatan itu. Ketika anak mulai bisa pegang sendok, beri kesempatan pada nya untuk makan sendiri, jangan terus-terusan disuapi. Kunci utama kemandirian pada anak adalah memberikan kesempatan pada anak untuk mencoba, beri dukungan, dan apresiasi kita atas usaha yang sudah dilakukannya sehingga muncul rasa percaya diri pada anak bahwa ia mampu mengerjakan. Jangan sampai kita (orangtua) merampas kesempatan anak untuk memiliki pengalamannya yang berarti dalam meyakinkan diri bahwa ia mampu mengerjakan dan melakukan sesuatu. Namun sebagai orang tua kita harus tetap mengawasi dan memberikan bimbingan yang konsisten dalam mendukung kegiatan anak.

Related Posts by Categories



Widget by Simran

5 Comments on "AGAR ANAK MANDIRI"

Add your comment. Please don't spam!
ATCA on January 14, 2009 at 8:55 AM said...

setuju nih ... artikelnya menarik...
memang harus dididik dari awal yah..seperti mengembalikan mainan ketempatnya juga...karena aku sering kesel dengan mainan yang berserakan ..he..he..

chokichim on January 14, 2009 at 4:42 PM said...

betul tidak salah
orang gundul kok tidak sekolah..
setuju...!!!

Rudy on January 15, 2009 at 6:44 PM said...

Setuju banget mbak karena kalau tidak di didik sejak awal akan jadi kebiasaan sampai dewasa bahkan sampai tua,hehehe...
Link-nya udah aku pasang mbak,thanks yah?

Zairysah azziti on January 18, 2009 at 1:05 PM said...

setuju jga.. karena langkah awal kini akan mementukkan masa depannya.. wah fahri nantinya kan bersyukur niyy, punya bunda sekualitas mbak lindung... yang dari tulisan dan artikel di blog-na menunjukkan kualitas yang baik...
share comment di blog sya dunkkk.. ^_^

Witha on January 19, 2009 at 2:19 PM said...

Good Posting ^_^

Pantesan Fahri seneng nyanyi :D

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

 

Lindung's Blog