Sunday, February 1, 2009

Arti Kedipan Matamu .........


Saat kita berkedip, kelopak mata menyebarkan air ke seluruh permukaan bola mata agar tak kering dan tergores. Saat membaca, kita jarang berkedip, begitu juga saat lagi didepan monitor komputer pasti mata jarang kedip, sehingga mata menjadi kering dan pedih. Menurut pakar kesehatan; bertatapan langsung dengan objek dekat selama berjam-jam membuat mata cepat lelah, iritasi ringan, bahkan dapat menyebabkan mata minus.

Jumlah kedipan mata bervariasi, tergantung suasana hati, aktivitas, tingkat konsentrasi dan usia. Kita kerap kali berkedip di saat lelah dan saat peralihan seperti kita membalik halaman buku. Sesungguhnya, berkedip itu bukan melulu soal refleks. Perasaan tenang dapat mengurangi kedipan, sedangkan perasaan gelisah dan terkejut dapat memperbanyak kedipan. Psikopat tidak berkedip sebanyak manusia normal.

Kedipan juga menumpulkan aktivitas otak yang terkait dengan kesadaran visual. Itu mungkin agar kita tidak menyadari hadirnya kegelapan dalam beberapa mikro detik.

Tahukah anda bahwa kedipan itu memiliki banyak "misteri"??? Menurut Jennifer S. Holland, seorang bayi akan berkedip lebih sedikit (2 kedipan per menit) dibandingkan dengan orang dewasa. Hal ini dimungkinkan karena semua stimulus adalah baru bagi seorang bayi yang baru lahir. Orang dewasa yang cemas berkedip 50 kali per menit. Orang dewasa yang tenang berkedip 15 kali per menit.

Kedipan mata juga dapat menguji apakah seseorang berbohong atau tidak. Sebuah penelitian yang dilakukan Dr. Sharon Sheal dari Portsmouth University, Inggris, menunjukkan bahwa orang-orang yang berbohong akan lebih jarang berkedip ketika sedang menyampaikan kebohongannya. Menurut Dr. Sheal, ini disebabkan karena mereka membutuhkan konsentrasi dan usaha yang lebih keras untuk menciptakan cerita yang konsisten dan dapat dipercaya.

Oleh karena itu, setelah mereka selesai berbohong mereka akan cenderung berkedip lebih sering (sampai 8 kali lipat). Menurut Dr. Leal, hal ini diduga sebagai semacam sarana pelepasan setelah sebelumnya menahan kedipan mata.
Bagaimana dengan kedipan mata anda???????

Related Posts by Categories



Widget by Simran

13 Comments on "Arti Kedipan Matamu ........."

Add your comment. Please don't spam!
Atca on February 2, 2009 at 8:10 AM said...

wahh..gitu ya mba...
baru ngerti nih...
kedipan mataku gimana yah??...tak liat sambil ngaca dulu deh..he...he..

chokichim on February 2, 2009 at 7:57 PM said...

kedipan mata emang misteri...
seprti kekasih dlu yg minta ditiupin matanya karena kelilipan he he..tips keyen..
mbak lindung periset ya..?

namaku wendy on February 3, 2009 at 2:25 PM said...

mo ngitung kedipan mataku dulu ah per menitnya berapa?
kalo orang sering kedip2 gitu katanya juga bisa pertanda kalo caccingan, bener gak sih yah mbak hehehe

Rudy on February 4, 2009 at 4:00 AM said...

Wah, boleh juga nih dicoba ke teman-temanku yang suka ngerjain aku, dengan begitu aku kan bisa menghindar jika mau dikerjain oleh mereka??
Makasih ya mbak Lindung....

Witha on February 5, 2009 at 2:23 PM said...

Arti kedipan mataku :
antara lapar, kelilipan atau kedipan normal seperti biasanya.

Erik on February 6, 2009 at 9:20 AM said...

Iya nih, mata saya juga sampai perih dan kering karena kebanyakan di depan monitor komputer.

Sekarang saya menguranginya

suryaden on February 6, 2009 at 9:32 AM said...

wahaha... bisa aja nih, belom lagi yang tarikan nafas dan degup jantung...
tetep sulit juga ya, membaca suasana hati seseorang...

Brigadista on February 6, 2009 at 5:37 PM said...

mantaab,... sekarang aku mo baca sambil kedipp kedip aach,..!!! atau ngedipin yang punya blog ya???



he he he


~~~~~~kaborrrrrrrrrrrr......

esha di birulangit on February 8, 2009 at 12:06 AM said...

Malah ada yang bilang..kalau lg banyak berkedip berarti ada yang lagi ngomongin.....

www.katobengke.com on February 8, 2009 at 3:52 PM said...

wah bnarkah kalau orang yang berbohong itu jarang berkedip jika menyampikan sesuatu.....
wah kalau gitu aq main mata ajah sekalian biar kagak ditau....
hahhah...........

iam on February 9, 2009 at 10:15 AM said...

klo kebanyakan ngedip juga dicurigai ya, mbak. heheh..

niez-nya adit on February 9, 2009 at 5:25 PM said...

semenjak saya pake soflen, reflek mata saya jadi berkurang. gatau deh ngaruh ke kedipnya juga ato enggak... uhuhuuu...

Lyla on February 13, 2009 at 3:02 PM said...

wah.. kedipan penuh misteri ya mbak hehehe

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

 

Lindung's Blog