Wednesday, July 1, 2009

Tips Memilih Durian Montong yg Matang dan Enak


Berikut ini saya jelaskan tips memilih durian montong yang matang dan enak berdasarkan pengalaman pribadi setiap berburu di supermarket ketika ada diskonan..hehehe. Mungkin tips ini juga berlaku ketika memilih jenis lain sperti Durian petruk, purworejo, lampung, dll.

Di bulan juni kemaren sampe bulan juli ini banyak supermarket besar seperti Giant, Carrefour, Hypermart, Super Indo, Yomart (khusus Bandung sekitarnya) yang menjual Durian Montong dengan harga murah yaitu sekitar Rp. 12.000 - Rp. 19.000 / kg. Saya katakan murah karena biasanya kalo harga normal di atas Rp. 25.000 / kg. Tapi konsekuensi dari harga murah adalah duriannya banyak yang belum matang, sehingga sebagai pembeli kita harus pintar memilih.

Nah inilah tips memilihnya:
1. Jika ingin mencari yang banyak buahnya maka pilih yang bentuknya bulat atau lonjong teratur. Jangan pilih yang bentuknya tidak beraturan karena biasanya buahnya sedikit.
2. Pilih yang durinya jarang dan tidak keras.
3. Pilih yang kulitnya agak empuk jika ditekan, jangan yang keras karena masih muda, jangan pula yang lembek karena biasanya busuk.
4. Perhatikan apakah di kulitnya banyak lubang kecil berdiameter 1-2 mm, jika ada bahkan lebih besar dari itu maka kemungkinan durian itu sudah kemasukan ulat.
5. Biasanya ada yg sudah kebuka sedikit dibawahnya, maka:
- coba dicium harum apa enggak. Durian matang dan enak biasanya harum. (tips ini agak susah karena durian montong baunya tidak keras).
- coba buka dikit lagi perhatikan permukaan daging buahnya, yang bagus warnanya kuning dan tidak berair. jika warnanya kuning agak bening pertanda rasanya hambar/anyep, jika permukaanya berair pertanda rasanya keras di tenggorokan.
6. Jangan pilih yang sudah terbuka lebar karena biasanya rasanya asam.
7. Jika bingung minta bantuan penjaganya untuk memilihkan, biasanya si penjaga akan mengetok-ngetok kulit durian pakai pisau, jika nyaring berarti belum matang, jika ngebass berarti matang. Dan untuk pembuktiannya si penjaga akan membuka sedikit terus mengambil sedikit dengan ujung pisaunya untuk dicoba anda rasakan.
8. Terakhir dan yang paling penting, minta dibuka di tempat dan dibungkus. Jika beli di supermarket biasanya petugasnya mau membukakan dan bahkan jika pilhan anda ternyata belum matang maka anda boleh menggantinya.

Nah demikian Tips memilih Durian Montong yang Matang dan Enak jika anda beli di Supermarket. Jika anda beli dipinggir jalan hati-hati dengan trik pisaunya dilumuri gula atau air durian matang sehingga ketika mencoba akan terasa harum dan enak. Selamat berburu mumpung sekarang harganya masih murah.

Renungan: kapan ya durian lokal unggulan seperti durian petruk dan yang lainnya dijual di supermarket besar seperti durian montong?

Related Posts by Categories



Widget by Simran

6 Comments on "Tips Memilih Durian Montong yg Matang dan Enak"

Add your comment. Please don't spam!
umi rina on July 1, 2009 at 3:33 PM said...

Hmmm...jadi ngiler nich Mbak Lindung...:)
Aku bukan penggemar durian, tapi juga bukan tidak suka. Pertama kali makan ya durian Lampung yang montok dan uenak tenan.....

Makasih ya tips memilihnya;)

suryaden on July 1, 2009 at 7:44 PM said...

cara terakhir sepertinya yang paling saya pahami kekeke

bagus al haqq on July 2, 2009 at 9:14 AM said...

ternyata gampnag yawww..!!

hm..
baru tau kalo ada tukang durian yang make pisau di lumuri air gula
fiiuuuhhhhhhh........

Lembaga Pelatihan on August 2, 2009 at 1:00 PM said...

Cobain deh.. daging durian dicampur soda soda yang biasa untuk bikin soda susu..) rasanya nggak ketulungan..!! Sy dahulu pernah ke Jatinangor banyak goreng tahu,,,!!

chokichim on August 11, 2009 at 8:53 AM said...

info yang keyen..langsung praktik ah

Anonymous said...

laperrrrrrrr

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

 

Lindung's Blog