Tuesday, August 18, 2009

Mangga Sawo Rasa Durian


Tahukah anda ternyata ada mangga dan sawo rasa durian? Masak sih, ada dimana? Bagi penggemar duren wajib baca artikel ini, dan tentu saja mencobanya.

Mangga Rasa Durian

mangga duren durianNama duren pada mangga - yang dapat ditemukan di kebun koleksi mangga Cukurgondang, Pasuruan, Jawa Timur - ini disebabkan oleh aroma buahnya yang mirip durian. Buahnya berbentuk bulat. Kulit buahnya tipis dan berwarna hijau pada waktu masih muda, lalu berubah menjadi kuning kemerahan setelah buah matang. Kelebihan mangga duren ini terletak pada daging buahnya yang tebal, kenyal, dan rasanya yang manis segar karena mengandung cukup banyak air. Daging buahnya berwarna kuning jingga dan berserat. Ukuran buahnya termasuk sedang, panjang antara 8 - 9 cm dan berat rata-rata 300 g/buah. Produksinya tergolong tinggi.

Buah mangga duren dipanen setelah tua benar. Cirinya, bagian pangkal buah telah membengkak rata dan warnanya mulai menguning. Pemungutan buah yang belum tua benar menyebabkan rasanya agak asam dan kelat (mutu rendah). Umur buah dipanen kira-kira 4-5 bulan (110-150 hari) sejak bunga mekar (anthesis). Pemetikan harus hati-hati, tidak boleh jatuh, dan getahnya tidak boleh mengenai buah mangga tersebut. Umumnya, tanaman mangga duren berbunga pada bulan Juli-Agustus. Buah matang dapat dipanen pada bulan September-Desember. Buah harus dibersihkan dari kutu, jelaga, dan getah yang menempel.

Sawo Duren

sawo duren durianSawo duren adalah nama sejenis buah dari suku sawo-sawoan (Sapotaceae). Buah ini juga dikenal dengan nama sawo apel, sawo ijo (Jw.), sawo hejo (Sd.), sawo kadu (Banten), dan kenitu atau manécu (Jatim).

Dalam pelbagai bahasa asing, buah ini dikenal dengan pelbagai nama seperti cainito, caimito, chicle durian, star apple, golden leaf tree, abiaba, pomme de lait, estrella, aguay dan lain-lain. Nama ilmiahnya adalah Chrysophyllum cainito. Gambar di samping adalah Beberapa kultivar sawo duren dari Lumajang, Jawa Timur

Sawo duren umumnya dikonsumsi sebagai buah segar, meski juga dapat digunakan sebagai bahan baku es krim atau serbat (sherbet). Pohon sawo duren menghasilkan buah setelah berumur 5-6 tahun, dan biasanya musim puncak buah itu di Jawa pada musim kemarau.

sawo duren unguGambar di samping adalah buah sawo duren ungu yang dibelah.
Di samping itu, banyak bagian pohon yang berkhasiat obat; misalnya kulit kayunya, getah, buah dan biji. Rebusan daunnya dipakai untuk menyembuhkan diabetes dan rematik. Dari pepagannya (kulit kayu) dihasilkan obat kuat dan obat batuk.

Pohonnya kerap digunakan sebagai tanaman hias dan peneduh di taman-taman dan tepi jalan. Kayunya cukup baik sebagai bahan bangunan. Dan cabang-cabangnya yang tua dimanfaatkan untuk menumbuhkan anggrek.

Nah sekarang sudah tahu kan Mangga dan sawo rasa durian / duren? Gimana, mau mencoba? Kalo pingin durian asli klik Durian Monthong atau Durian Parung. Eh kalo anda tahu ada buah lain yang mempunyai rasa / aroma durian mohon saya diberitahu dengan mengisi komentar dibawah.

Related Posts by Categories



Widget by Simran

1 Comments on "Mangga Sawo Rasa Durian"

Add your comment. Please don't spam!
Miawruu on August 22, 2009 at 1:32 AM said...

Hiyaaaaaaaaaa..............

Baru tau ada sawo rasa duren, rasa apel dan rasa lain-lainnya. Nice post. Cuma dimana orang ngejualnya diluar Jatim? mahal ga harganya? tertarik pengen nyicipin hehehehe

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

 

Lindung's Blog