Wednesday, October 29, 2008

TERATAI : TUMBUHAN TAHAN TERGENANG AIR


Alloh SWT menciptakan beerbagai makhluk hidup yang terdiri dari manusia, hewan, maupun tumbuhan. Tumbuhan merupkan makhluk yang unik dipelajari. Berbagai jenis tumbuhan sangat menakjubkan, baik dari caranya beradaptasi dengan lingkungannya, keunikan sifatnya, dan manfaatnya bagi manusia.

Tahukah kamu bahwa teratai yang sering disebut Seroja atau Padma, di Eropa juga disebut Water Lily karena bunganya yang mirip bunga Lily. Teratai (Nymphaea sp.) adalah tanaman air yang banyak diminati para pecinta tanaman hias. Hal ini dikarenakan sosoknya yang anggun, indah, alami , dan eksotis sekaligus menyejukan pandangan.

Selain indah, tumbuhan teratai juga memiliki cara menyesuaikan diri terhadap tempat hidupnya dengan cara yang unik. Berkebalikan dengan kaktus yang hidup di daerah gersang, teratai justru hidup di daerah penuh air dan dapat mengapung di permukaan air. Teratai biasa ditemukan dipermukaan air yang tenang seperti kolam dan danau.

Daun teratai tipis dan lebar, berbentuk bundar atau oval. Bentuk daun ini sangat membantu mempercepat proses penguapan. Permukaan daun tidak mengandung lapisan lilin sehingga airnya jatuh kepermukaan daun tidak membentuk butiran air.

Nah yang ini lebih menakjubkan, ada jenis teratai yang daunnya sangat lebar. Kalo teratai biasa hanya berkisar sekitar lebar telapak tangan orang dewasa hingga 30 cm, maka daun teratai raksasa ini memang menawan sekali dengan ukuran yang cukup besar. Teratai raksasa ini berasal dari Amazon dengan nama latin Victoria amazonica. Diameter daun teratai raksasa ini dapat mencapai 1,5 meter. Kamu-kamu yang penasaran dengan bentuknya gak perlu susah-susah datang ke hutan Amazon, kamu bisa datang dan lihat di Kebun Raya Bogor.



Sumber : Rahmatia D. 2008. Seri Pustaka Alam : Tumbuhan yang Menakjubkan. Shakti Adiluhung

Related Posts by Categories



Widget by Simran

1 Comments on "TERATAI : TUMBUHAN TAHAN TERGENANG AIR"

Add your comment. Please don't spam!
Toko Karangan Bunga papan Surabaya on February 13, 2017 at 8:47 AM said...

Terimakasih atas sharing ilmu dan pengetahuannya.Semoga slalu menjadimanfaat bagi semuanya. Salam sukses slalu. Amin
http://tokokarangbungapapan.klikspo.com/

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

 

Lindung's Blog